4.28.2016

(mencoba) hidup sehat

sehat dan gw sepertinya bukan teman baik. dari dulu sampai sekarang. di blog gw yang lama *yang mana sudah di export-import ke sini, uhuy!* gw pernah nulis tentang my NDE.

gw anak yang lahir dengan penyakit bawaan asthma, cenderung scoliosis, dan ternyata juga hyperthyroid. lengkap. sekali gw kecapekan maka asthma gw cenderung kambuh dan begitu juga hyperthyroid gw membuat badan gw lemes ga terkira, dan scoliosis membuat terlalu banyak istirahat bikin sakit punggung. jadii.. gw harusnya bisa jaga diri supaya ga kecapekan, atau melatih badan supaya lebih setrong!

sayangnya, gw adalah auditor di salah satu kementerian yang punya pekerjaan di segala penjuru nusantara, pelosok kabupaten dan melintasi gunung. seringkali gw ke lapangan itu harus menempuh perjalanan darat/laut/udara yang makan waktu lama, disamping sakit punggung juga bikin badan rasanya ga karuan. sering banget gw kalah sama kesibukan gw ini. tapi dasar gw, kalo sakit inget harus sehat, klo sehat suka lupa diri ga inget ngelatih badan. gw ga suka olahraga. aslik. ga bisa renang dan ga kuat lari. gw ga kuat lari karena napas gw pendek, mungkin karena asthma yg lebih dominan dan ga pernah dilatih. iya, katanya renang bagus buat orang yang punya asthma, tapi gw ga bisa renang, jadi klo di kolam air baru sedada gw udah gelagapan. alesan banget lah gw.

gw memilih hidup sehat dimulai dari pola makan. gw pernah keranjingan bikin green juice, sampe beli si hurom slow juicers yang lumayan menguras dompet. tahan hampir setahun, terus sebel karena sayur organik lama-lama tambah mahal dan rempong bikinnya klo cuman buat gw seorangan. ini ampuh banget bikin badan lebih setrong. tapi gw pernah salah dan ga terlalu perhatiin artikel tentang green juice, gw pernah baca kalo kale ga terlalu bagus buat yg punya hyperthyroid. dan gw cuma mikir, kale itu kan kayak sayur yg kudu wajib ada di green juice secara dia si sayur hebat, masa iya.. dan iya, duamingguan rajin minum si kale, gw tumbang. ganti formula green juice dan kembali setrong!

jadi walopun gw ga suka olah raga tapi semua minuman dan makanan sehat bisa masuk ke badan *dan green juice itu enak lho!* cumaaaa.. gw itu juga suka banget minuman dan makanan manis. gawat kuadrat! jadi makanan dan minuman sehat sih masuk badan, tapi itu segala gula juga masuk. grr.. impas doang kayaknya.

sekarang kondisi gw yang kuliah lagi dengan segambreng tugas dan menempuh perjalanan PI-Salemba tiap hari bikin gw lumayan K.O juga.. semester 1 kena typhoid karena kecapekan abis ujian. dan masuk semester 2 sekarang badan babak belur luluh lantak. dulu gw jarang kambuh asthma, tapi sekarang itu si ventolin jarang jauh dari gw. kacau banget. jadi PR besar gw sekarang adalah melatih badan supaya ga cepat tumbang. karena kuliah itu berat, bung!

*padahal udah seminggu ini tidur jam 2 terus dan bangun jam 5, gimana cerita mau sehat!*

adios!

4.26.2016

mutermuter

maksud hati pengen nulis hidup sehat, tapi apa daya lagi ga sehat. kepala mutermuter ga karuan.

adios!

4.24.2016

terserah!

sering banget ga sih denger kata ini keluar dari mulut perempuan? iya kata-kata sakti mandraguna yang bisa bikin posisi lawan bicaranya kehilangan ide dan pusing ga tau mau gimana ngadepinnya.

gw? gw termasuk pengguna kata 'terserah' ini. ngeselin? iya. dan gw baru sadar itu ngeselin setelah melihat dari sudut padang orang ketiga. selama ini gw sering banget ngomong 'terserah', entah dalam situasi yang gw 90% setuju atau 90% tidak setuju. kenapa ga langsung aja sih ngomong setuju atau tidak setuju? ya karena klo nanti ada apa-apa setelahnya, kita bisa kena disalahin. dan gw lebih senang menjadikan 'terserah' sebagai tameng. hahaha. ya gw hanya perempuan kebanyakan, yang ga pernah mau disalahin.

sebenernya kata 'terserah' itu harus diapain sih? kalo buat gw, gw jg ga tau harus diapain. kadang 'terserah' itu keluar saat kita udah capek berdebat dan kesel banget, kadang pas kita juga ga tau maunya apa, kadang pas ditawarin tapi masih jual mahal minta dibujuk, kadang.. sekedar untuk bikin bingung lawan bicara aja *laki*. ngeselin? iya!

'terserah' yang baru-baru ini terjadi adalah ketika laki gw minta ijin untuk pergi naik gunung. dan dikembalikan lagi 'terserah'nya ke gw setelah gw bertanya apakah gw boleh membuat tattoo.

adios!

4.22.2016

Jakarta

Jakarta dengan keragamannya, dengan gemerlapannya dan dengan keegoisan orang di dalamnya.

ya egois, banget.
pernah merhatiin kalo di jalan tol banyak yang jalan di lajur paling kiri atau lajur darurat. itu egois. ambulance sama damkar susah buat nembus jalan di jakarta. iya itu juga karena pada egois. atau mungkin dengan santainya orang buang sampah ke jalan dari dalam mobi, dan seringnya mobil bagus. ya gitulah egois. atau mungkin motor yang suka lewat pedestrian. grr itu egois juga. coretan pilox di depan rumah orang. egois level abg. 

iya itulah realitanya. jadi sebenarnya memang mereka pribadi yang egois, atau malah jakarta yang membentuk sifat warga di dalamnya menjadi egois? 

tadi siang naik uber buat pergi ke kampus, bener deh jalanan jakarta itu bikin tua di jalan. dari rumah sampai kampus itu kayaknya macet dimana-mana dengan berbagai macam cara orang mengendarai kendaraannya. kalo tadi ngobrol sama driver uber, dia nyebut jakarta itu Hutan. dimana cuma yang kuat yang bisa menang. apa ini yang akhirnya membentuk keegoisan warga jakarta? 

nggak, gw ga bilang semua orang jakarta egois.
gw ga buang sampah sembarangan, gw ga membiarkan mobil jalan di lajur paling kiri *karena kata nyokap gw itu gaya nyetir supir*, gw juga ga tega sama ambulance dan damkar yang ga bisa nembus macet. dan benci sama mobil pejabat yang ngiung ngiung tiap lewat. ppfft!

kemarin di kampus sempat ada bahasan tentang kontinuitas proyek pembangunan. dari sudut pandang dosen itu, proyek pembangunan cenderung jadi terhenti ketika ada pergantian kepala daerah atau kepala pemerintahan. dan penyebabnya bisa dibilang ego dari kepala daerah/pemerintah yang baru. dia ga mau terlihat ga punya resolusi atau inovasi, dan akhirnya tuh nangkring deh tiangtiang di seputar asia afrika sm kuningan. iya itu hasil egoisnya kepala daerah jakarta. proyek mandek atas nama ego.

sekarang jakata lagi heboh lagi menjelang pilkada. apa iya itu proyek mrt harus berhenti klo ganti kepala daerah, apa iya juga kita harus pilih yang sekarang demi proyek mrt jalan terus, walaupun mungkin nanti ada kandidat yang lebih baik lagi? gw bukan #musuhahok ataupun #temanahok. gw cuma pengen jakarta jadi lebih layak huni, jadi kota yang nyaman buat warganya. karena gimanapun selama pembangunan di Indonesia masih berpusat di Jakarta dan pulau Jawa, maka semua orang akan datang kesini untuk mengadu nasib memperjuangkan hidup yang lebih baik.

ya Jakarta itu keras, bung! dan lebih kejam dari ibu tiri. 


adios

Tengah Malem

1.29 am

Masih ngerjain tugas dan kangen Pak Tuamik yang kayaknya lagi tidur nyenyak di Palangkaraya.


-